Nursekha, Lutfiana (2020) Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)Al-Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI LUTFIANA NURSEKHA 1601050019 JADI 01.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. Dengan program itu para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar, sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran.Tujuan penelitian adalah:untuk mengetahui konsep kurikulum integral berbasis tauhid di SD IT Al Muhsin Metro;untuk mengetahui implementasi kurikulum berbasis tauhid yang mencangkup persiapan pelaksanaan dan evaluasi di SDIT Al Muhsin Metro.Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. subjek yang diteliti berada di SDIT Al Muhsin Metro yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum yang digunakan di SD IT Al Muhsin Metro adalah kurikulum berbasis tauhid yaitu kurikulum yang pengelolaannya melibatkan komponen pendidikan secara menyeluruh serta memasukkan nilai-nilai Tauhid Dalam materi pembelajaran dan aktivitas siswa. Kurikulum berbasis tauhid di SDIT Al Muhsin Metro mencangkup perencanaan pelaksanaan, dan evaluasi. perencanaan kurikulum di SD IT Al Muhsin Metro meliputi desain kurikulum, jadwal kegiatan pelaksanaan pembelajaran, dan strategi dalam pelaksanaan. pelaksanaan kurikulum di SD IT Al Muhsin Metro berpedoman pada konsep pendidikan berbasis tauhid yang meliputi pelaksanaan tingkat sekolah dan tingkat kelas. pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah ditunjukkan dengan adanya pelaksanaan kegiatan yang telah dibuat dalam rapat kerja. sedangkan pelaksanaan tingkat kelas yaitu adanya pembagian guru untuk mengajar dalam masing-masing bidang studi dan mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan dalam pembelajaran. evaluasi kurikulum yang dilakukan secara menyeluruh melalui dapat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Waka kurikulum dan guru meliputi keseluruhan kurikulum dan kegiatan pembelajaranKata kunci: implementasi, kurikulum, berbasis tauhid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 06:52 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 06:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3886 |
Actions (login required)
View Item |