Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Media Visual dalam mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur

Setiawati, Lilis (2020) Penerapan Media Visual dalam mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan proses kemampuan memahami dan mengungkapkan keadaan tertentu sehingga perkembangan bahasa yaitu yang paling penting pada kehidupan anak, bahasa merupakan alat untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Salah satu usaha dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Butanul Athfal yaitu dengan menggunakan media visual (media gambar). Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan media visual (media gambar) dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Butanul Athfal 3 Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK Aisyiyah Butanul Athfal 3 Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan reduksi data, dan data display. Dan untuk uji keabsahan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan media visual (media gambar) dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Butanul Athfal 3 Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur yang sudah terlaksana dengan baik. Semua pihak sekolah di TK Aisyiyah Butanul Athfal 3 sudah menerapkan dalam proses pembelajaran dengan hasil pencapaian anak dengan mudah mengingat, anak memiliki perbendaharaan kata sangat baik, anak menjawab pertanyaan teman dengan baik, serta anak mampu berkomunikasi dan menceritakan kembali kegiatan yang dilakukan dengan baik. Walaupun tidak semua anak perkembangan bahasanya berkembang dengan maksimal, karena setiap anak mempunyai kelebihan pada kecerdesan yang berbeda-beda, sehingga harus adanya pendampingan lebih dari guru untuk anak. Media visual (media gambar) sangat efektif digunakan pada proses pembelajaran karna media gambar lebih mudah menarik perhatian anak dalam belajar, kualitas belajar dapat diingat lebih mudah, dan anak dengan mudah terbantu berfikir kongkrit dengan adanya media gambar, serta anak mengalami peningkatan dan perubahan secara perlahan dan signifikan pada perkembangan bahasa anak.

Kata kunci: Media Visual (Media Gambar), Bahasa Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:31
Last Modified: 25 Jan 2022 07:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item View Item