Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo

Risnawati, Atin (2020) Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan bahasa anak adalah suatu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting untuk dikembangkan dalam kehidupan manusia baik di masa sekarang ataupun masa yang akan datang. Karena bahasa merupakan suatu alat komunikasi dengan orang lain yangkemudian membentuk suatu interaksi sosial. Melalui bahasa juga anak dapat mengeluarkan suatu ide dan pendapatnya, sehingga terjalinnya suatu komunikasi sosial.Salah satu usaha yang digunakan dalam pengembangan bahasa anak pada TK Aisyiyah Bustanul AthfalYosomulyo adalah dengan penerapan metode bercerita dengan boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam pengembangan bahasa anak pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo.

Jenispenelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, dan sumber data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data displaydan verification. Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggualasi sumber dan teknik.

Berdasarkan hasilpenelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam pengembangan bahasa anak pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo sudah terealisasi dengan baik. Hasil pencapaian guru dalam pengembangan bahasa anak pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Yosomulyo adalah kosa kata anak bertambah, tata bahasa anak lebih mudah untuk dipahami, penggunaan kata anak telah sesuai dengan tujuan anak yang disampaikan baik itu pendapat, keinginan ataupun penolakan terhadap sesuatu, sehingga mudah untuk dipahami, dan perangkaian bunyi/ fonem anak berkembang dengan baik, akan tetapiada beberapa anak yang belummaksimal dalam perkembangannya bahasa pada aspek fonemkarena anak tersebut ada yang memiliki kebutuhan khusus dan lebih menonjol pada kecerdasan yang lain.

Kata Kunci: Metode Bercerita dengan Boneka Tangan, Perkembangan Bahasa Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Apr 2021 01:18
Last Modified: 05 Apr 2021 01:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item