Umayah, Siti (2020) Peran ustadz dalam pendidikan multikultural pada pengembangan sikap toleransi santri di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Sikap toleransi merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki seseorang dalam bermasyarakat, terutama di dalam Pondok Pesantren yang memiliki santri yang multikultur. Pemberian Pendidikan Multikultural oleh ustadz dalam Pesantren bertujuan untuk membimbing santri agar santri memiliki sikap toleransi yang baik kepada santri yang lainnya. Pemahaman dan pemilihan metode tentang manusia selama tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain maka akan menghantarkan santri untuk menghargai sebuah keragaman, atas dasar uraian diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur tentang bagaimana peran ustadz dalam pendidikan multikultural pada pengembangan sikap toleransi santri dan apasaja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pengembangan sikap toleransi santri.
Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ustadz dalam pendidikan multikultural pada pengembangan sikap toleransi santri, serta mengetahui apasaja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan sikap toleransi santri. Peneilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif. Dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduction, data display, dan kesimpulan. Dengan subjek penelitian ustadz atau ustadzah dan santri pondok pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Lampung Timur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran ustadz dalam pendidikan multikultural pada pengembangan sikap toleransi santri di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum yaitu ustadz mengajarkan kepada santri dalam hal pendidikan toleransi, pendidikan moral, pendidikan akhlak, sopan santun, dan cara berbicara yang baik kepada orang lain. ustadz menerapkan pendidikan multikultural tersebut melalui bebrapa metode seperti keteladanan, nasihat, dan hukuman. Faktor pendukung yang mempengaruhi peran ustadz dalam mengembangkan sikap toleransi santri yaitu: ustadz yang paham tentang pendidikan multikultural dan lingkungan asarama Multikultural. Adapun faktor penghambat dalam membina sikap toleransi santri yaitu, minimnya kegiatan penunjang sikap toleransi, tidak adanya kurikulum pendidikan toleransi di Pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 01:19 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 01:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3968 |
Actions (login required)
View Item |