Rasanti, Kiki Eka (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI Di SMA Maarif 01 Seputih Banyak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
KIKI EKA R. 1601010250.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional yaitu ceramah sehingga dirasa proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Kondisi ini berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Berdasarkan fakta yang ada maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dalam penelitian ini peneliti mencari bagaimana pengaruh dari model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas XI SMA Ma’arif 01 Seputih Banyak. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMA Maarif 01 Seputih Banyak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Ma’arif 01 Seputih Banyak. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal sebanyak 10 soal esay.
Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMA Maarif 01 Seputih Banyak. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 maka diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 3.49 ≥ 2,01. Selain itu pengaruh model pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil perhitungan pre-test dan post-test dari kedua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pre-test menunjukan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda yakni 69.74 pada kelas kontrol dan 69.2 untuk kelas eksperimen. Kemudian hasil post-test menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 80.2 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75.4.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 01:22 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 01:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3973 |
Actions (login required)
View Item |