Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pebelajaran PAI di SMPLB Wiyata Dharma Pertiwi 22 Hadimulyo Barat

Ayunira, Lia Martha (2020) Problematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pebelajaran PAI di SMPLB Wiyata Dharma Pertiwi 22 Hadimulyo Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Lia Martha.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu salah satu mata pelajaran wajib bagi seluruh jenjang pendidikan. Pendidikan agama Islam merupakan upaya dalam menyiapkan siswa untuk memahami, mengimani, dan mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya yaitu kitab suci Al-Quran dan Al-Hadits. Namun saat ditelaah pada kondisi ana berkebutuhan khusus yag memilik masalah dalam berbagai aspek, baik dari segi Phisics, menthal, emotional, dan social. Salah satu kekurangan yang terjadi, yaitu siswa tunagrahita mengalami keterbelakangan mental dan mempunyai banyak masalah saat mencapai hasil pembelajaran dengan sempurna.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan problematika anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam pembelajran PAI di SMPLB Wiyata dharma pertiwi 22 Hadimulyo Barat. Penelitan ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini adalah: 1) proses pembelajaran PAI di SMPLB Wiyata dhama pertiwi ini sudah meliputi tiga tahap pembelajaran, yaitu : tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir atau evaluasi. 2) problematika anak berkebutuhan khusus tunagrahita saat pembelajaran PAI di SMPLB Wiyata dharma pertiwi yaitu, faktor materi pelajaran PAI di SMPLB Wiyata dharma pertiwi konteksnya sama dengan di SMP pada umumnya, dan tidak adanya materi PAI khusus yang di buat oleh pemerintah untuk anak berkebutuhan khusus. Faktor dalam diri siswa tunagrahita yaitu, mudah lupa dan lamban dalam menerima materi pelajaran apapun yang diberikan oleh guru. Masalah tersebut meliputi sulitnya melafalkan niat melakukan suatu ibadah beserta bacaan shalat, niat puasa, dan belum bisa membaca huruf arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Apr 2021 01:27
Last Modified: 05 Apr 2021 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item