Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Ma’arif NU 21 Batanghari Lampung Timur

Sulistiowati, Ami (2020) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Ma’arif NU 21 Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Ami Sulistiowati 1601010092.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan mengajar adalah kecakapan atau kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran agar dapat membawa perubahan baik kognitif, afektif maupun psikomorik siswa. Motivasi belajar adalah dorongan atau keinginan untuk belajar yang dimiliki siswa. Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, maka guru sebagai seorang pendidik perlu meningkatkan pembelajaran siswa dengan baik dan aktif dengan memaksimalkan keterampilan mengajarnya termasuk keterampilan mengajar guru dalam bertanya. Sesuai akar permasalahan yang ada, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: “apakah ada pengaruh keterampilan mengajar guru dalam bertanya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak MTs Ma’arif NU 21 Batanghari Lampung Timur”. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dalam bertanya terhadap Motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak MTs Ma’arif NU 21 Batanghari Lampung Timur”.

Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, adapun anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 25 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2 ). Adapun Hipotesis Yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dalam Bertanya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs MA’arif NU 21 Batanghari Lampung Timur”.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 13 siswa atau 52% siswa menjawab bahwa keterampilan mengajar guru dalam bertanya dalam kategori baik. Sebanyak 12 siswa atau 48% memiliki motivasi belajar pada kategori baik, dan besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru dalam bertanya terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan harga X2 sebesar 10,51 lebih besar dari harga Chi Kuadrat Tabel (X2 tabel) pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488, dengan tingkat keterkaitan sedang, maka Ha diterima. Sehingga diketahui bahwa ada pengaruh keterampilan mengajar guru dalam bertanya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak MTs Ma’arif NU 21 Batanghari Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Apr 2021 01:27
Last Modified: 05 Apr 2021 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item