Ma`viyah, Alvin (2020) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Wahdatul Ummah Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan karakter memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Penanaman pendidikan karakter yang baik bermanfaat bagi anak terutama pada perkembangan sosial emosional anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Anak-anak yang mempunyai masalah dalam perkembangan sosial emosionalnyaakan mengalami kesulitan belajar, kesulitan berinteraksi dengan orang lain, dan tidak dapat mengontrol emosinya. Dari masalah tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosionalnya dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan sosial emosional anak usia dini di TK IT Wahdatul Ummah Metro Pusat beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK IT Wahdatul Ummah Metro. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode penggumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan sosial emosional anak usia dini di TK IT Wahdatul Ummah Metro dilaksanakan melalui metode keteladanan dan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter meliputi: perilaku disiplin, mandiri, dan memiliki sikap toleransi/peduli sosial. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam pembentukan sosial emosional dibagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu, lingkungan sekolah melalui perilaku dan teladan yang baik dari kepala sekolah, guru, dan staf serta kesiapan guru dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan SOP maupun penggunaan metode yang digunakan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kerjasama orangtua dalam menerapkan pendidikan karakter di rumah seperti yang pendidik lakukan di sekolah dan lingkungan keluarga melalui perilaku kurang baik yang ditiru oleh anak.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perkembangan Sosial
Emosional Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 01:29 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 01:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3982 |
Actions (login required)
View Item |