Setiyani, Nabila Tri (2020) Pengaruh Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulung Balak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
skripsi revisi fix.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan seseorang dalam membaca Al-Qur’an secara tartil dan memahami maksud serta mengerti maknanya yang terkandung dalam bacaan. Dalam kemampuan membaca Al Qur’an yang harus dicapai yaitu ilmu tajwid dan makhorijul huruf yang baik dan benar. Motivasi adalah suatu dorongan yang menyebabkan terjadi suatu perbuatan atau tindakan tertentu yang ditandai dengan munculnya ras/feeling, afeksi seseorang.metode sorogan merupakan kegiatan pembelajaran bagi para siswa yang lebih menitik beratkan pada pengembangan kemampuan perseorangan (individual), di bawah bimbingan seorang guru. Sorogan adalah metode pengajaran dimana ditekankan murid harus lebih aktif, yaitu murid menghadap kepada guru ’satu persatu’ dengan membaca kitab suci Al Qur’an yang telah ditentukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh merode sorogan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulung Balak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode sorogan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulung Balak. Hipotesis pada penelitian ini ialah ada hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur`an dengan metode sorogan peserta didik VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulung Balak. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), tes (lisan), dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditunjukkan kepada peserta didik untuk mencari data tentang pengaruh penerapan metode sorogan, serta metode tes (lisan) ditunjukkan untuk mengetahui data kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulung Balak, lokasi Madrasah.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur`an siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulung Balak. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi Person Product Moment diperoleh harga rxy 0,511 lebih besar dari rtabel signifikan 5% dengan harga 0,469, yakni 0,511>0,469. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan arah hubungan positif dan tingkat hubungan sedang.
Oleh karena itu kemampuan membaca Al-Qur`an mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan metode sorogan dan hipotesis diterima, artinya semakin tinggi kemampuan membaca Al-Qur`an yang dimiliki siswa akan semakin tinggi pula penerapan metode sorogan yang dilakukan siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 01:31 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 01:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3983 |
Actions (login required)
View Item |