Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Teller Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah BPRS Kota Bumi Kantor Cabang Bandar Lampung

Oktaviani, Ayu (2020) Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Teller Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah BPRS Kota Bumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AYU OKTAVIANI_1602100013.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan Customer Service dan Teller dalam meningkatkan kepuasan nasabah serta kendala terkait pelayanan Customer service dan Teller BPRS Kota Bumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah diperoleh dari satu responden ke responden lainnya (snowball sampling) hingga berada di titik jenuh.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan sudah sesuai dengan SOP (Standard Operasional) BPRS Kota Bumi Kantor Cabang Bandar Lampung yang diberikan kepada nasaba. Diantaranya pemberian pelayanan meliputi menyapa nasabah dengan salam sebagai pembuka, selalu murah senyum sebagai sikap ramah yang ditunjukkan kepada nasabah, komunikatif, adanya konfirmasi dan follow up, tanda pengenal yang diperhatikan karyawan serta ucapan terimakasih sebagai penutup yang diberikan kepada nasabah. Namun dalam pelayanan, ada beberapa kendala terkait pelayanan yaitu keluhan nasabah terkait antrian yang dirasa terkadang masih terlalu lama, kurangnya SDM di BPRS Kota Bumi Kantor Cabang Bandar Lampung, terutama untuk Customer Service dan Teller BPRS Kota Bumi Kantor Cabang Bandar Lampung, sehingga akibat adanya kurangnya personil dalam pelayanan mengakibatkan pelayanan kurang maksimal dari BPRS tersebut yang disarankan masih membutuhkan penambahan personil ketika melayani banyaknya nasabah disaat tertentu, agar pelayanan tetap berjalan lebih maksimal dan nasabah tetap merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Apr 2021 01:32
Last Modified: 05 Apr 2021 01:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item