Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas I Di SD Negeri 1 Taman Asri

Sari, Aulia Puspita (2020) Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas I Di SD Negeri 1 Taman Asri. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AULIA PUSPITA SARI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Orangtua dikatakan sebagai pendidik pertama, karena orang tualah yang pertama kali mendidik anaknya sejak dilahirkan. Orangtua merupakan orang yang lebih tua atau orang yang dituakan. Namun umumnya di masyarakat pengertian orangtua itu adalah orang yang telah melahirkan kita yaitu Ibu dan Bapak. Pada akhir-akhir ini terjadi wabah Covid-19 yang melanda, karena penyebarannya yang cukup cepat maka pemerintah melakukan lockdown dan social disstancing. Dampak dari hal tersebut semua masyarakat diwajibkan untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Semua sekolah dianjurkan untuk tidak belajar tatap muka di kelas dan siswa belajar dari rumah dengan cara pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring menuntut orang tua untuk selalu aktif mendampingi kegiatan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran daring pada kelas 1 di SD Negeri 1 Taman Asri.

Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah bertempat di SD Negeri 1 Taman Asri. Teknik penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran orangtua dalam pembelajaran daring terdapat beberapa peran penting. Pertama, orangtua sebagai motivator yaitu membujuk, mengajak bermain dan bernyanyi, menunggu mood anak, semua itu dilakukan untuk mendorong anak dalm belajar. Kedua, orangtua memberikan kebutuhan selama pembelajaran daring yaitu smartphone, paket internet, alat belajar seperti buku dan lainnya, televisi untuk tayang edukasi, dan juga waktu untuk mendampingi anak belajar. Ketiga, orangtua sebagai pembimbing yaitu dengan mengajarkan pelajaran pada anak, mengajari anak membaca, dan menontonkan tayangan edukasi dari televisi atau melalui youtube. Keempat, orangtua sebagai pengaruh atau director seperti memberikan hadiah kepada anak ketika mendapat pencapaian dan menakuti anak agar anak mau belajar. Dalam hal ini peran yang paling dominan dalam pembelajaran daring yaitu orangtua perempuan terutama ibu.

Kata kunci: Orangtua, Pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:30
Last Modified: 27 May 2021 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item