Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pembiayaan Mitra Guna (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung)

Triana, Aris (2020) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pembiayaan Mitra Guna (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ARIS TRIANA 1602100009 SUKSES BURNING.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Produk Pembiayaan Mitra Gunamerupakan pemberian fasilitas pembiayaan konsumer kepada sejumlah pegawai (kolektif) dengan rekomendasi perusahaan atau instansi (approve company) dimana pembayaran angsurannya dikoordinasi oleh perusahaan atau instansi melalui pemotongan gaji langsung. Pembiayaan Mitra Guna Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung sejak tahun 2016 hingga saat ini mengalami peningkatan hal tesebut dipengaruhi oleh strategi yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung yaitu Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung dalam memasarkan produk pembiayaan Mitra Guna menjalin kerjasama dengan beberapa intansi yang ada diBandar Lampung Namun terdapat konsekuensi finansial didapatkan oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Lampung yaitu Bank Syariah Mandiri KC. Bandar Lampung menyediakan dana yang disebut dengan istilah dana Maintenance.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui strategi pemasaran guna meningkatkan pembiayaan Mitra Guna di Bank Syariah Mandiri KC. Bandar Lampung.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. sifat penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan secara sistematis fakta tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan pembiayaan Mitra Guna pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Lampung. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Branch Manager, CBRM/RBRM, dan nasabah pembiayaan Mitra Guna Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Lampung, sedangkan dokumentasi diambil dari data-data, buku, internet, dan media yang berhubungan dengan fokus penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung dalam strategi pemasarannya telah sesui degan pemasaran syariah dan menggunakan jenis pemasaran atau promosi Publisitas, yang artinya Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung dalam meningkatkan ataupun dalam mendapatkan nasabah melakukan sistem lobbying, walaupun dalam penggunaan strategi promosi publisitas tersebut Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung mendapatkan konsekuensi finansial berupa dana Maintenance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:29
Last Modified: 27 May 2021 01:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item