Apriana, Yogi Dede Ade (2020) Strategi Pemasaran Pasar Yosomulyo Pelangi Terhadap Pendapatan : (Studi Kasus Pasar Yosomulyo Pelangi, Kelurahan Yosomulyo Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
YOGI DEDE ADE APRIANA_1602040223.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2018 yang terletak dijalan Kedondong RW 07 Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat Kota Metro, yang beroprasi setiap hari Minggu mulai pukul 06.00-11.00 dan jumlah pedagang berkisar 79 orang. Pada saat pertama lounching pasar ini sangat direspon positif oleh masyarakat dengan terbuktinya telah dikunjungi sebanyak 2000 pengunjung. Dalam setiap pagelaran omset pasar yang didapat sekitar 40-45 juta rupiah maka dalam satu bulan artinya omset yang didapat oleh Payungi berkisar 160 juta rupiah. Dengan melihat jumlah pengunjung serta omset yang didapat oleh Payungi membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang strategi pemasaran pada Payungi dan pengaruhnya terhadap pendapatan, adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran Pasar Yosomulyo Pelangi dan pengaruhnya terhadap pendapatan. Adapun tujuan masalah dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Pasar Yosomulyo Pelangi dan pengaruhnya terhadap pendapatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisa dengan mengunakan berfikir deduktif.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah bahwa Strategi Pemasaran Pasar Yosomulyo Pelangi Terhadap Pendapatan yaitu dari segi produk yang dijual di Pasar Yosomulyo Pelangi memiliki banyak macam terutama pada makanan atau kuliner, dari segi harga barang atau makanan yang dijual di Payungi sangatlah ekonomis, dari segi tempat atau lokasinya sangat menarik dan instagramebel, yang terakhir dari segi promosi menggunakan media sosoial seperti whatsapp, instagram, youtube dan facebook. Sehingga dengan keempat bauran pemasaran tersebut berhasil menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Payungi dan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan.
Kata Kunci: Pasar, Pendapatan, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:31 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4007 |
Actions (login required)
View Item |