Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Talangan Haji (Studi Kasus BPR Syariah Kota Bumi Kantor Kas Bukit Kemuning)

Desmawati, Ririn (2020) Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Talangan Haji (Studi Kasus BPR Syariah Kota Bumi Kantor Kas Bukit Kemuning). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RIRIN DESMAWATI_1602100061.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Bank syariah Kotabumi kantor kas bukit kemuning merupakan lembaga keuangan berbasis syariah. Dalam melakukan pemasaran produk khususnya talangan haji, perusahaan jasa seperti bank syariah kotabumi kanntoor kas bukit kemuning ini menggunakan strategi 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physycal Evidence) yang sering disebut dengan strategi pemasaran. Masing-masing elemen dari strategi pemasaran ini tida k dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, semua saling berkaitan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pasar produk talangan haji pada BPR Syariah Kotabumi Kantor Kas Bukit Kemuning. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan yaitu dokumentasi dengan penemuan hasil di BPR Syariah Kotabumi Kantor Kas Bukit Kemuning. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan dalam bentuk narasi atau deskripsi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala kantor kas, funding officer, dan customer service. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan peran strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah talangan haji di kantor kas bukit kemuning.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah talangan haji di BPR Syariah Kotabumi Kantor Kas Bukit Kemuning secara keseluruhan strategi pemasaran yang digunakan telah diterapkan dan dilaksanakan oleh pihak kantor kas bukit kemuning, meskipun terdapat sedikit kendala dalam melaksanakan salah satu strateginya. Sebaiknya kantor kas lebih meningkatkan pemasaran produknya agar strategi pemasaran dapat terlaksana lebih baik dan dapat berjalan secara efektif lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:50
Last Modified: 27 May 2021 01:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item