Mustikasari, Feni (2020) Upaya Ustadz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
1601010124_Feni Mustikasari_PAI..pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman umat Islam yang memiliki keistimewaan. Tiada bacaan seperti Al-Qur’an yang di atur tata cara membacanya dan mempelajari Al-Qur’an di nilai ibadah oleh Allah SWT.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan pertanyaan pelitian yaitu: Bagaimana upaya ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an santri pondok pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur? Apa faktor pendukung dan penghambat upaya ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri pondok pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an santri pondok pesantren Riyadlatul Ulum. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitaatif lapangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu dengan memerintahkan santri maju satu persatu menghadap ustadz yang disebut dengan metode sorogan memudahkan ustadz untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri, memberikan tugas agar semakin lebih faham materi yang telah diberikan. Untuk mengantisipasi rasa malas atau bosan pada diri santri, ustadz memberikan motivasi kemudian selalu membiasakan santri untuk membaca Al-Qur’an karena semakin sering membaca Al-Qur’an maka akan semakin lancar membacanya. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an santri yang mempunyai pendidik yang sudah memahami serta mempunyai ketelatenan dalam mengajar. Orang tua memberikan dukungan dengan menyediakan apa yang di perlukan untuk menunjang proses pembalajaran anak. Sarana dan prasarana, dengan fasilitas yang memadai maka akan mempermudah ustadz maupun santri melaksanakan pores belajar mengajar. Sedangkan faktor penghambat adalah lingkungan sosial Jika bergaul dengan teman yang kurang baik maka akan berdampat negatif pada diri santri. Adapun yang bisa dilakukan ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan membiasakan dengan kegiatan membaca Al-Qur’an bersama-sama setelah shalat maghrib, dilanjutkan dengan mengaplikasikan hukum-hukum tajwid di malam hari setelah kegiatan mengaji nahwu selesai dan pembelajaran tartil dan qiro’ah satu minggu sekali. Kegiatan itu semua bertujuan agar dapat menunjang santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:50 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4014 |
Actions (login required)
View Item |