Muzdalifah, Maharani (2020) Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kedisiplinan adalah hal yang penting. Kedisiplinan seorang siswa dapat ditumbuhkan melalui keteladanan guru dengan pembinaan dan pembiasaan, terutama ketika berada dilingkungan sekolah. Terkait dengan kedisiplinan siswa, siswa masuk sekolah tepat waktu, taat terhadap peraturan, seperti siswa berpakaian secara rapi, dan berperilaku dengan baik. Secara garis besar, siswa telah mampu menerapkan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Meskipun begitu, masih ada siswa yang membolos dijam pelajaran dan membuat kebisingan saat kegiatan belajar berlangsung, sehingga kedisiplinannya kurang optimal.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur?” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada tidaknya pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel kelas VIII sebanyak 42 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis datanya menggunakan chi kuadrat dan uji koefisien kontingensi untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah peneliti kumpulkan dalam penelitian ini, selanjutnya yang peneliti lakukan dalam menginterpretasikan hasil chi kuadrat dengan harga chi kuadrat tabel. Hal ini lebih lanjut dapat dilihat dari perhitungan chi kuadrat antara perhitungan angket keteladanan guru dan perhitungan angket kedisiplinan siswa, terlihat bahwa harga chi kuadrat (x 2 ) hitung lebih besar dari harga chi kuadrat (x 2 ) tabel = 22,52 > 9,488 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Maka apabila dihitung dengan menggunakan koefisien kontingensi (C), diperoleh harga Chitung = 0,59, kemudian dibandingkan dengan Cmaks 0,816 diperoleh presentase sebesar 72%, karena Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan bahwa pengaruh kedua variabel tergolong sangat erat. Artinya semakin baik keteladanan guru maka semakin baik kedisiplinan siswanya.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa “ Ada Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:51 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4038 |
Actions (login required)
View Item |