Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Produk, Promosi, Dan Layanan Terhadap Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Wedding Organizer (WO) di Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur)

Safitri, Elis (2020) Strategi Produk, Promosi, Dan Layanan Terhadap Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Wedding Organizer (WO) di Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELIS SAFITRI NPM 1602040185 ESY Putih.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu desa yang menjadi batas antara Lampung Timur dan Kota Metro. Salah satu bisnis yang mengalami pertumbuhan seiring dengan tuntutan kesibukan dan perubahan gaya hidup di masyarakat adalah Wedding Organizer atau WO, di desa Banjar Rejo terdapat 5 (lima) WO. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Ana Sariayu Wedding Organizer dan Anita Wedding Organizer, alasannya berkaitan dengan strategi produk, promosi, dan layanan terhadap minat konsumen yang diterapakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi produk, promosi, dan layanan terhadap minat konsumen (studi kasus pada wedding organizer (WO) di desa Banjar Rejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan tkhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik sekaligus pengelola Ana Sariayu wedding organizer, Anita wedding organizer, karyawan marketting, tim dekoratif dan konsumen yang pernah menggunakan jasa Ana Sariayu wedding organizer dan Anita wedding organizer. Wawancara dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknis analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa strategi produk, promosi, dan layanan terhadap minat konsumen telah diterapkan dengan baik oleh Ana Sariayu wedding organizer dan Anita wedding organizer. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara terhadap 6 orang dan hanya 3 orang yang merasa kurang terpenuhi keinginannya dikarenakan jumlah karyawan sedikit dan jika konsumen diberi pilihan untuk menggunaan jasa wedding organizer hanya 1 yang tidak akan menggunakannya kembali. Namun terlepas dari kurang terpenuhinya keinginan konsumen, para pemilik dan sekaligus pengelola wedding organizer tidak lepas dari peran inovasi, baik dari produk, promosi dan layanan yang dilakukan.

Kata Kunci : Strategi Produk, Promosi, dan Layanan Terhadap Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Wedding Organizer (WO) di desa B anjar Rejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:51
Last Modified: 27 May 2021 01:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item