Ghofur, M. Safaat Abdul (2020) Peran Orang Tua Dalam Pemberian Motivasi Pada Anak Untuk Menempuh Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Desa Batangharjo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
M. SAFAAT ABDUL GHOFUR - Tugelan Peyek.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak, termasuk dalam meningkatkan motivasi pendidikan Ke-Islaman pada anak. Desa Batangharjo bukan termasuk desa yang memiliki basic keagamaan yang kuat, akan tetapi sebagian besar dari mereka sangat antusias dalam memberikan motivasi kepada anaknya dalam pendidikan keislaman, seperti menyuruh untuk belajar ngaji di TPA, menyimak bacaan ngaji nya ketika di rumah, dan melihat anak-anaknya melafalkan bacaan sholat, serta mendengarkan anak-anaknya melafalakan bacaan surat-surat pendek.
Adapun rumusan masalahnya yaitu tentang Peran Orang Tua dalam Pemberian Motivasi pada Anak untuk Menempuh Pendidikan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Bagaimanakah Peran Orang Tua dalam Pemberian Motivasi pada Anak untuk Menempuh Pendidikan Islam, Adapun manfaat penelitian ini sebagai berikut:a.Secara praktis sebagai wahana untuk menerapkan, mengembangkan serta menambah ilmu pengetahuan mengenai Peran Orang Tua dalam Pemberian Motivasi pada Anak untuk Menempuh Pendidikan Islam b. Secara teoritis diharapkan dapat berguna sebagai bahan masukan dan pengetahuan bagi penulis, pembaca, serta masyarakat luas pada umumnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif' kualitatif serta menggunakan sumber data primer, dan sekunder untuk mengumpulkan data. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Semua data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dengan metode berpikir induktif.
Temuan penelitian Macam-macam peran orang tua: Menghantarkan ke TPA, Menunjukan rasa bangga dan bahagia, Orang Tua menunjukan rasa senang ketika anak dapat menunjukan keberhasilan dalam belajar, dan Orang tua memberikan nasihat, dan keteladanan yang baik terhadap Anak serta memberikan pembiasaan-pembiasaan yang baik.Faktor faktornya adalah Penghargaan orang tua terhadap hasil belajar anak, Penerimaan orang tua terhadap proses belajar anak, Kepedulian orang tua terhadap pendidikan agama anak, dan Pengalaman pengalaman keagamaan yang diberikan oleh orang tua terhadap anaknya. Kendala yang dihadapi meliputi: Asik bermain, Kemampuan anak rendah atau sebaliknya, dan anak minder dengan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:52 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4063 |
Actions (login required)
View Item |