Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pengembangan Minat Membaca Al-Quran Siswa SMPN 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat

Wati, Aprilia Nur Tresya (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pengembangan Minat Membaca Al-Quran Siswa SMPN 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI APRILIA NUR TRESYA WATI - Aprilianur tresyawati.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Guru PAI berperan dalam mengembangkan minat dan kemampuan membaca Al-Quran siswa, sebagai materi pokok yang harus diajarkan pada siswa muslim di Sekolah. Upaya guru PAI dalam mengembangkan minat dan kemampuan membaca Al-Quran dapat diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas, dan di luar kelas. Dalam pembelajaran di kelas, guru PAI dapat mengajarkan materi PAI terutama materi yang terkait dengan ayat-ayat Al-Quran. Sedangkan di luar kelas, upaya guru PAI dapat diwujudkan dalam bentuk bimbingan membaca dan memberi tugas menghafal surah-surah pendek di luar jam pelajaran.

Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana upaya guru PAI dalam pengembangan minat membaca Al-Quran siswa SMPN 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun pelajaran 2020/2021? Dan apa faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhinya?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam pengembangan minat membaca Al-Quran siswa SMPN 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dan untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi pendorong dan penghambat guru dalam pengembangan minat membaca Al-Quran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpul data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display, dan conclusion/verification.

Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru PAI dalam mengembangkan minat membaca Al-Quran siswa SMPN 2 Tumijajar dilakukan dengan memberi motivasi dan bimbingan membaca Al-Quran, memberi tugas membaca Al-Quran di rumah menghafal surah-surah. Dan guru menjelaskan keutamaan dan manfaat membaca Al-Quran, memberi reward hadiah dan pujian kepada siswa yang rajin dan lancar membaca Al-Quran. Faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI muncul dari keinginan diri sendiri lingkungan keluarga, teman sebaya dan media sosial. Saran yang dapat ditindaklanjuti agar kepala sekolah dan guru PAI merumuskan dan melaksanakan program yang mendukung pengembangan minat siswa dalam membaca Al-Quran, dengan memasukan pembelajaran membaca Al-Quran dalam struktur kurikulum SMPN 2 Tumijajar. Saran untuk siswa agar meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran, dengan menambah frekuensi membaca Al-Quran secara teratur agar tercapai target pencapaian membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:52
Last Modified: 27 May 2021 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item