Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Media Puzzle Dalam Perkembangan Kognitif Di TK PGRI Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Kurniawati, Indah (2020) Implementasi Media Puzzle Dalam Perkembangan Kognitif Di TK PGRI Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PIAUD INDAH KURNIAWATI NPM 1601030037 - indah kurniawati.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Media puzzle adalah salah satu bentuk permainan yang memiliki nilai-nilai edukatif dan dapat merangsang kemampuan kognitif anak. Perkembangan kognitif merupakan perkembangan berfikir atau kecerdasan, yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, keterampilan untuk memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dan menyelesaikan soal-soal sederhana. Penerapan pembelajaran menggunakan media puzzle dapat menstimulasi perkembangan kognitif peserta didik. Perkembangan kognitif peserta didik di TK PGRI Bumiharjo sudah mulai berkembang baik sesuai dengan penggunaan media puzzle yang diterapkan. Namun ada juga dijumpai beberapa peserta didik yang mengalami masalah perkembangan kognitif seperti belum mampu mengenal warna, mengenal bentuk geometri.

Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi media puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur?, apakah faktor yang mendukung dan menghambat implementasi medi puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur?

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi media puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur dan mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi medi puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi media puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur yaitu dengan media puzzle peserta didik akan dapat belajar memecahkan masalah sederhana, dapat mengenal warna, angka dan mengenal bentuk, 2) Faktor yang menjadi pendukung implementasi medi puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur yaitu minat belajar , kemudian situasi yang menyenangkan dan kondisi yang nyaman, 3) faktor penghambat implementasi media puzzle dalam perkembangan kognitif di TK PGRI Bumiharjo Lampung Timur yaitu kurangnya inovasi pendidik di dalam menggunakan media pembelajaran, kondisi kelas yang panas dan gaduh, penerangan yang kurang tepat. Sehingga membuat peserta didik tidak nyaman ketika belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:52
Last Modified: 27 May 2021 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4069

Actions (login required)

View Item View Item