Khotimah, Tri Khusnul (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Terpadu Melinting Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TRI KHUSNUL KHOTIMAH_TRI KHUSNUL KHOTIMAH - trikhusnul Khotimah.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Lingkungan keluarga merupakan hal utama di dalam lingkungan pendidikan yang memiliki pengaruh dalam pendidikan siswa. Dalam lingkungan keluarga siswa telah mendapat pendidikan sejak kecil seperti pendidikan agama, nilai-nilai moral serta keterampilan. Perhatian dan kasih sayang yang didapatkan oleh siswa dari lingkungan keluarga yang mungkin kurang didapatkan di lingkungan sekolah, akan menumbuhkan semangat belajar siswa yang akan berdampak baik pada hasil belajarnya. Lingkungan keluarga yang mendukung proses kegiatan belajar anak akan memberikan semangat sehingga dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada motivasi belajarnya. Anak yang menerima perhatian lebih dari orangtua dalam proses kegiatan belajar akan lebih termotivasi untuk lebih giat dalam meningkatkan belajarnya. Begitu pula suasana rumah yang tenang dan tentram akan menjadi tempat belajar yang baik bagi anak. Pengaruh itu dapat mendorong semangat siswa untuk belajar lebih giat. Selain itu, sikap orangtua kepada anak juga akan mempengaruhi motivasi belajar anak.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terpadu Melinting Lampung Timur?” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Terpadu Melinting Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus spss korelasi pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 siswa, kemudian diambil sampel 70% sehingga sampel dari penelitian ini 53 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket sebagai isntrumen penelitian yang utama dan dokumentasi sebagai penelitian pendukung.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar sebesar 0,495 serta nilai signifikan 0,002 < 0,05 artinya yaitu nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka dalam penelitian ini hipotesis alternative (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. nilai r square yaitu 0,248 atau sama dengan 24,5% angka tersebut mengandung arti bahwa lingkungan keluarga ada pengaruh terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 75,5% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:52 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4074 |
Actions (login required)
View Item |