Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Way Kenanga Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurohman, Mohammad (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Way Kenanga Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MOHAMMAD NUROHMAN NPM 1601010167 - Rohman Farida.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran merupakan suatu pencapaian yang diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran yang berupa kemampuan, sikap serta keterampilan. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar berwudhu dan tayamum. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Way Kenanga Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian 23 peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan metode demontrasi, dan juga berjumlah 23 peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan metode ceramah. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposiv yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang berbentuk pilihan ganda. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (Pretest-Posttest) yang berjumlah 25 soal, observasi ,wawancara dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian yaitu uji-t independent sampel tes dengan aplikasi SPSS.

Penerapan metode demontrasi yang diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik secara signifikan pada materi fiqih. Kemudian pada kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan metode ceramah dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pada nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan perlakuan pada hasil (Pres-test) dengan diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen berdasarkan nilai rata-rata 67,13, kemudian pada hasil belajar kelas kontrol dengan nilai rata rata 64,61. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan metode demontrasi sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah dapat diketahui nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan pada hasil (Post-test) kelas eksperimen sebesar 81,47 dan kelas kontrol sebesar 69,65.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode demontrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2Way Kenanga Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:52
Last Modified: 27 May 2021 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4077

Actions (login required)

View Item View Item