Ambarwati, . (2020) Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Margototo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AMBARWATI NPM 1601010008-dikompresi - Ambar Wati.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar merangsang siswa untuk belajar. Adanya media pembelajaran diharapkan memudahkan siswa menerima dan mengingat materi yang disampaikan oleh guru dengan demikian siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. Muhammadiyah Margototo tahun pelajaran 2019/2020. 2) Faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. Muhammadiyah Margototo tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara diajukan kepada guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Margototo.
Hasil penelitian menunjukkan yaitu:1) Media pembelajaran yang digunakan guru aqidah akhlak di MTs. Muhammadiyah Margototo yaitu media gambar cetak dan papan tulis. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar sangat penting, dengan menggunakan media pembelajaran khususnya media gambar perhatian siswa menjadi lebih fokus, memberikan kesamaan pengalaman dalam belajar, mengatasi keterbatasan pengamatan, siswa lebih mudah memahami materi yang rumit. Menjadi daya tarik dengan penggunaan gambar yang memiliki efek warna warni dan berbeda-beda dapat menimbulkan keingintahuan yang bisa merangsang siswa untuk berfikir, kesemuanya menunjukkan bahwa media gambar mempunyai aspek meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, dengan begitu dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media pembelajaran yaitu: a. Faktor pendukung: profesionalisme guru, siswa, pimpinan madrasah, orang tua siswa. b. Faktor penghambat: tingkat berfikir siswa, sarana dan prasarana, guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:53 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4078 |
Actions (login required)
View Item |