Hamid, Farhan (2020) Peranan Keluarga Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa di SMPN 7 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
FARHAN HAMID_1601010034 - Farhan Hamid.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pembinaan akhlak menempatkan orangtua sebagai pendidik pertama bagi anak. Orangtua bertindak sebagai pendidik yang menyampaikan materi, contoh dan sekaligus menjaadi model bagi anak. Melalui bimbingan dan keteladanan orangtua, maka anak dapat memperoleh pengalaman keagamaan yang baik, dan menjadi bekal dalam kehidupan anak pada fase berikutnya.
Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling dasar untuk mencetak kualitas manusia. Sampai saat ini masih menjadi keyakinan dan harapan bersama bahwa keluarga senantiasa dapat diandalkan sebagai lembaga ketahanan moral, akhlakul karimah dalam konteks bermasyarakat, bahkan baik buruknya generasi suatu bangsa, ditentukan pula oleh pembentukan pribadi dalam keluarga. Disinilah keluarga memiliki peranan yang strategis untuk memenuhi harapan tersebut.
Pertanyaan yang diajukan dalam peneitian ini yaitu bagaimana peran keluarga dalam pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Metro?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran keluarga khususnya orangtua dalam pembinaan akhlak siswa di smpn 7 metro. Desain penelitian menggunakkan penelitian kualitatif lapangan. Pengumpulan data menggunakkan wawancara, dokumentasi, observasi dan analisis data menggunakkan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga khususnya orangtua dalam pembinaan akhlak siswa di smpn 7 metro dilakukan dengan melatih dan membiasakkan anak untuk bersikap jujur, amanah, dan rendah hati, cara orangtua juga menggunakkan pendekatan secara langsung yaitu membimbing sekaligus menasehati seorang anak agar tidak terjerumus kepada hal yang menyimpang, jadi orangtua secara tidak langsung berperan sebagai pendidik, sebagai pengasuh dan sebagai pembimbing bagi seorang anak. Di sekolah juga orangtua masih harus memberikan perhatian kepada anak untuk selalu mentaati para guru yang ada disekolah karena secara tidak langsung peran guru di sekolah berganti menjadi orangtua siswa selama di sekolah. Di sekolah pun siswa diberikan kegiatan kegiatan yang positif sebagai bentuk pembinaan akhalk guru kepad siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:54 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4083 |
Actions (login required)
View Item |