Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU 07 Sumber Bahagia

Khotimah, Lailatul Khusnul (2020) Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU 07 Sumber Bahagia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LAILATUL KHUSNUL KHOTIMAH - Lailatul Khusnul khotimah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Metode proyek merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Kognitf adalah suatu proses berfikir, yang kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Sedangkan Geometri adalah membangun konsep dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar-gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga dan persegi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapkan metode proyek dapat mengembangkan kognitif dalam mengenal geometri di Raudhatul Athfal Muslimat NU 07 Sumber Bahagia.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan yang mengambil lokasi di Raudhatul Athfal Muslimat NU 07 Sumber Bahagia Kec. Seputih Banyak Kab. Lampung Tengah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan Conclusion Drawing atau penarikan kesimpulan. Dan untuk uji keabsahan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapan metode proyek untuk mengembangkan kognitif anak mengenal geometri sudah meningkat sesuai indikator yaitu memecahkan masalah, bekerjasama, pengalaman belajar, dan berfikir logis. Dengan ke empat indikator tersebut pengetahuan peserta didik mengenal geometri, membedakan ukuran, mengurutkan dari yang kecil ke yang besar, dan anak dapat menyamakan bentuk geometri dengan benda lain terus meningkat. Dari jumlah 26 peserta didik ada 4 yang perkembangan kognitifnya belum berkembang dengan maksimal dalam mengenal bentuk geometri, dikarenakan mempunyai kecerdasan yang menonjol dalam bidang musikal. Namun selain empat anak tersebut kemampuan kognitif anak sudah berkembang dengan maksimal karena guru sudah membimbing anak sesuai dengan tahap kemampuan sang anak sendiri. Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak berbeda-beda.

Kata kunci: Metode Proyek, Kognitif (Mengenal Geometri)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 02:00
Last Modified: 27 May 2021 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item