Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional di TK Ainul Yaqin Tegal Rejo Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021

Sasmitha, Nurul Aulia (2021) Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional di TK Ainul Yaqin Tegal Rejo Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NURUL AULIA SASMITHA NPM.1601030020 - Nurul Aulia.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Sosial emosional anak usia dini merupakan proses belajar anak bagaimana berhubungan dengan orang lain sesuai dengan aturan sosial yang ada dan anak lebih mampu mengendalikan perasaannya. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan agar perkembangan sosial emosional pada TK Ainul Yaqin Tegal Rejo Trimurjo Lampung Tengah yaitu penerapan metode bercerita.

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui penerapan metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional di TK Ainul Yaqin Tegal Rejo Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang menjelaskan mengenai penerapan metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional di TK Ainul Yaqin Tegal Rejo Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi.Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita menggunakan buku cerita yang dilakukan sebanyak 2x dalam satu minggu, dengan anak dapat mencapai perkembangan sosial emosional diantaranya anak mampu bersikap kooperatif, bersikap toleran, mengekspresikan emosi, memahami peraturan dan disiplin, mengenal tata krama dan sopan santun. Adapun kesulitan dalam penerapan digolongkan kepada kekurangan dalam penggunaan metode bercerita yaitu ketika guru bercerita anak menjadi pasif dan cepat merasa bosan dikarenakan anak hanya menjadi pendengar saat guru bercerita didepan. Selain itu media yang digunakan tidak variatif hanya menggunakan media buku cerita. Kata

Kunci :Metode Bercerita, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:55
Last Modified: 27 May 2021 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item