Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda

Shofiah, Ulfah Hamidatus (2020) Penerapan metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ULFAH HAMIDATUS SHOFIAH.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajarBahasa Indonesiapeserta didik kelas III MI Miftahul Huda Tanggul Angin yang bisa dilihat dari nilai ulangan harian peserta didik yang mempunyaiviriteriabelum tuntas sebesar60%, sedangkan viriteriatuntas 40%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi hasil belajar peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Tanggul Angin terutama mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah.Pendidik berperan penting terhadap penentuanhasil belajar peserta didik. Sesuai hasil observasi dilakukan hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran saat ini menggunakan aplikasi WhatsAppjadi ada beberapa peserta didik yang tidak memilikihandphone dan peserta didik itu pun ada yang tertinggal dengan pembelajaran tersebut, ada juga yang tidak terlalu faham dan kurang dalam pemahaman materi yang dikirimkan oleh pendidik melalui whatsApp.

Rumusan masalah dipenelitian ini ialah: “Bagaimana penerapan metode pembelajaran daringdalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2020!. Tujuan mendeskripsikan penerapan alam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Miftahul Huda.

Penelitian ini sebagai penelitian kualitatif lapangan yang bertujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran daringdalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2020. Metode pembelajaran I disini menggunakan aplikasi whatsApp grub, subyek dalam penelitian ini ialahpeserta didik kelas III sejumlah20 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang dipakai yakniObservasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari kesimpulan penelitian ini ialah penerapan metode pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan konsistennya pendidik dalam memotivasi siswa dan orang tua peserta didik selaku pendamping belajar peserta didik dalam melakukan aktivitas didalam WhatsApp grubseperti memosting materi yang akan dipelajari, memberikan penjelasan tentang mteri tersebut hingga pemberian tugas yang dikumpul.

Kata Kunci: Penerapan, Metode, Pembelajaran, Daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:13
Last Modified: 01 Feb 2021 08:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item