Salsabila, Hawa Failasifa (2020) Pengaruh Pembelajaran Thoharoh Terhadap Kemampuan Praktik Berwudhu Santri di Pondok Pesantren Darul A’mal Putri. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
HAWA FAILASIFA SALSABILA NPM. 1601010039 - Hawa Failasifa.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan terencana yang mengondisikan/merangsang seseorang agar bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran seperti halnya guru menjelaskan berwudhu dengan cara memperagakan tata caranya akan sangat mempengaruhi kemampuan peserta didik.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pembelajaran thaharoh terhadap kemampuan praktik berwudhu santri di Pondok Pesantren Darul Amal Putri.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, yakni melalui penyebaran angket dan tes praktik dengan jumlah responden sebanyak 28 santri dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Pembelajaran Thoharoh Terhadap Kemampuan Praktik Berwudhu Santri Di Pondok Pesantren Darul Amal Putri. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat, sehingga diperoleh nilai 55,844 lebih besar dari Taraf Chi Kuadrat Tabel signifikan 5% dengan nilai 41,337.
Dengan demikian penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat hubungan sangat kuat. Selanjutnya dari hasil perhitungan koefisien determinasinya untuk Pengaruh Pembelajaran Thoharoh memiliki kontribusi atau berpengaruh sebesar 73,8% dalam mempengaruhi Kemampuan Praktik Berwudhu di Pondok Pesantren Darul Amal Putri, sedangkan 27,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri maupun luar diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:55 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4125 |
Actions (login required)
View Item |