Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap sikap sosial keagamaan Siswa di SMP Negeri 5 Metro

Susana, Elma Mei (2020) Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap sikap sosial keagamaan Siswa di SMP Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELMA MEI SUSANA (1601010243).pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebagai sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan (Kognitif), tetapi Pendidikan Agama Islam (PAI) juga sebagai sarana internalisasi norma dan nilai moral untuk membentuk sikap (Afektif) serta berperan sebagai pengendali prilaku (Psikomotorik) sehingga tercipta kepribadian manusia yang utuh. Maka Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan pilar utama dalam membentuk sikap sosial keagamaan bagi peserta didik.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Sosial Keagamaan Siswa di SMP Negeri 5 Metro?” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada tidaknya Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Sosial Keagamaan Siswa di SMP Negeri 5 Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung, teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan Chi Kuadrat dan Uji Koefisien kontigensi untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis kumpulkan dalam penelitian ini, selanjutnya yang penulis lakukan dalam menginterpretasikan hasil chi kuadrat dengan harga chi kuadrat tabel. Hal ini lebih lanjut dapat dilihat dari perhitungan chi kuadrat antara perhitungan angket pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Sosial Keagamaan terlihat bahwa harga chi kuadrat (x2) hitung lebih besar dari harga chi kuadrat (x2 ) tabel = 19,89 > 12,592 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Maka apabila dihitung dengan menggunakan koefisien kontingensi (C), diperoleh harga Chitung = 0,53, kemudian dibandingkan dengan Cmaks 0,866 diperoleh presentase sebesar 61%, karena Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan bahwa pengaruh kedua variabel tergolong erat.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa “ Ada Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Sosial Keagamaan Siswa di SMP Negeri 5 Metro”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 04 Nov 2021 08:38
Last Modified: 04 Nov 2021 08:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item