Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas V SD Negeri 3 Sribasuki

Wati, Ambar (2021) Pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas V SD Negeri 3 Sribasuki. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil dari proses belajar mengajar. Hasil belajar lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. Variasi adalah salah satu cara yang membuat siswa tetap konsentrasi dan termotivasi, segingga kegiatan pembelajaran senantiasa berjalan dengan dinamis, artinya selalu terjadi berbagai variasi dan inovasi.

Tujuannya untuk menguji ada tidaknya pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap minat dan belajar siswa mata pelajaran PAI kelas V SDN 3 Sribasuki.rumusan permasalahan yaitu, apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PAI kelas V SDN 3 Sribasuki, apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas V SDN 3 Sribasuki, apakah ada pengaruh minat belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas V SDN 3 Sribasuki.
Dalam penelitian kuantitatif, sampel merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keabsahan hasil penelitian. Sampel adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Sribasuki yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki.

Maka diperoleh hasil uji normalitas dengan hasil dibandingkan Dtabel(tabel nilai kritis kolomogorof-smirnov). Jadi 0,131 ≤ 0,294 untuk variasi gaya mengajar, dan 0,149 ≤ 0,294 untuk minat belajar, dan 0,094 ≤ 0,294 untuk hasil belajar. Sehingga dapat dinyatakan bahwa sampel di atas berdistribusi normal. Untuk hasil uji linieritas yaitu 0,7425 ≤ 4,4139 untuk variasi gaya mengajar dengan minat belajar, 0,0090 ≤ 4,4139 untuk variasi gaya mengajar dengan hasil belajar dan 0,3775 ≤ 4,4139 untuk minat dengan hasil belajar. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang linier antara variabel X dan Y1 dan Y2.

Berdasarkan hasil dari perhitungan product moment dibandingkan denga rtabel yaitu diperoleh nilai 0,987 ≥ 0,444 dari variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, 0,988 ≥ 0,444 dari variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, 0,988 ≥ 0,444 dari minat belajar dengan hasil belajar, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Berdasarkan hasil pengujian dan hipotesis di atas, maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar, variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:27
Last Modified: 04 Nov 2021 07:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item