Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN 2 Banjarrejo Batanghari

Widiastuti, Yustina Erna (2020) Pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN 2 Banjarrejo Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YUSTINA ERNA WIDIASTUTI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya pembelajaran IPA di SD melalui metode pembelajaran kepada siswa. Penerapan pembelajaran yang demikian, salah satunya dapat diaplikasikan melalui media gambar atau Mind Mapping melalui pembelajaran IPA. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk, menerapkan pembelajaran Mind Mapping dikelas V SDN 2 Banjarrejo Batanghari dan untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi daur air.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur. Dan sampel penelitiannya berjumlah 21 siswa, laki-laki berjumlah 10 siswa dan perempuan berjumlah 11 siswa. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan analis data berupa analisis kuantitatif dengan alat pengumpulan data tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi.

Dalam penelitian ini pelaksanaan pembelajaran IPA dalam menggunakan pembelajaran Mind Mapping kelas V SDN 2 Banjarrejo Batangahari dilakukan dalam pembelajaran daring atau online menggunakan grup whatsapp dikarenakan masih dalam masa darurat Covid-19 untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran maka diberikan melalui media gambar, video dan penjelasan guru pada materi daur air.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal berdasarkan hasil pretest yaitu 50,00% siswa yang sudah mencapai KKM sedangkan 24% siswa yang belum mencapai KKM. Kemudian pada akhir penelitian hasil posttest terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 68,00% siswa yang sudah mencapai KKM sedangkan 40,00% siswa yang belum mencapai KKM yang sudah ditetapkan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dalam pelajaran IPA pokok bahasan daur air dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur.

Kata kunci: Hasil belajar dan Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:52
Last Modified: 04 Nov 2021 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4188

Actions (login required)

View Item View Item