Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Internalisasi Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa millennial di SMAN 2 Sekampung

Setiawati, Marchantika Rani (2020) Internalisasi Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa millennial di SMAN 2 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MARCHANTIKA.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Era globalisasi semakin cepat berkembangdan memberikan efek yang sangat besar dalam bidang intelektual maupun sosial budaya. Arus globalisasi telah memberikan perubahan-perubahan positif maupun negatif padamoralsiswa millennial.Pergeseran moral pada siswa mengakibatkan siswa melakukan penyimpangan-penyimpangan prilakuseperti pergaulan bebas, membolos sekolah, menyontek saat ulangan, mengkonsumsi minuman keras dan narkoba.Salah satu bentuk pengawasan berupa pendidikan di sekolah terutama dalam penanaman nilai-nilai agama pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.Mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti memiliki peran sebagai tolak ukur untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahdan dijadikan dasar dalam membentuk watak dan moral pada siswa.Sangat penting nilai-nilai agama terinternalisasi dalam diri siswa, maka sikap religius akan terbentuk. Sikap religius yang tertanam akan merubah cara berfikir dan tingkah laku pada siswa. Internalisasi nilai agamamelalui kegiatan-kegiatan keagaman yang secara terperogram dan rutinmerupakansalah satu cara untuk membinamoral pada siswa.

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui cara guru agama menginternalisasikan nilai-nilai agama kepada siswa millennial, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam diri siswa,3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung proses internalisasi nilai moral kepada siswa millennial.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan(field research), dan bersifat deskriptif kualitatif dan mengambil latarbelakang di SMAN 2 Sekampung. Subjek dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah,waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam,dan siswa. Metode pengumpulan data ini menggunakanobservasi,wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis model Milles and Huberman. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan Pelaksanaan internalisasi pendidikan agama Islam terhadap moral siswa millennial di SMAN 2 Sekampung melalui kegiatan-kegiatan yang secara garis besar terbagi menjadi dua bagian, yaitu melalui kegiatan intrakuikuler dan ekstrakulikuler. Kegiatan intrakurikuler dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu memahami, mengahayati, dan dapat mengamalkan ajaran agama Islam.Adapun kegiatan ekstrakulikuler, diantaranya: Rohis, PMR, dan Pramuka.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Moral Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:29
Last Modified: 01 Feb 2021 07:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item