Erayati, Nur Afifah (2019) Peran Guru Al-Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
NUR AFIFAH ERAYATI (NPM. 14115021) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Akhlak merupakan salah satu bagian yang sangat urgen dari perincian kesempurnaan tujuan pendidikan Islam. Oleh sebab itu, pendidikan akhlak merupakan salah satu pondasi yang penting dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, guna menciptakan manusia yang bertaqwa dan menjadi seorang muslim yang sejati. Dengan pelaksanaan pendidikan akhlak tersebut, diharapkan setiap muslim mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan akhlak dapat mengantarkan pada jenjang kemuliaan akhlak. Karena dengan pendidikan akhlak tersebut, manusia menjadi semakin mengerti akan kedudukan dan tugasnya sebagai hamba dan khalifah di bumi.
Pembentukan akhlakul karimah kepada para peserta didik diperlukan kerjasama dari seluruh warga sekolah, seperti: adanya kerjasama antara kepala sekolah/ madrasah dengan semua guru, baik guru PAI maupun guru mata pelajaran lain dan wali kelas. Dengan adanya kerja sama dari seluruh warga sekolah, maka pembentukan akhlakul karimah kepada para peserta didik dapat berjalan dengan baik dan dapat meminimalisir kenakalan dari para peserta didik.
Adapun pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana peran guru al-Islam dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik di SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru al-Islam dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik di SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMA Muhammadiyah Pekalongan Kabupaten Lampung Timur dapat disimpulkan bahwa peran guru Al-Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik dengan cara selalu datang tepat pada waktunya, memperlihatkan sikap toleransi atau kasih sayang. Guru sebagai teladan dan guru sebagai pendidik merupakan keteladanan guru yang dapat membimbing anak untuk membentuk sikap yang kokoh serta membentuk akhlakul karimah peserta didik. Guru sebagai pendidik juga harus memilki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sifat-sifat Rasulullah SAW seperti kejujuran, sabar, kehormatan diri, disiplin dan tanggung jawab, cerdas, dipercaya, menyampaikan, rajin beribadah, hormat-menghormati dan berbicara sopan. Faktor yang mendukung dan menghambat peran Guru al-Islam dalam membentuk akhlakul karimah adalah keinginan kepala sekolah dan seluruh guru, faktor kurikulum, faktor dari lingkungan sekolah sendiri, serta faktor dari lingkungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/419 |
Actions (login required)
View Item |