Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di desa Rejobinangun kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur

Hanifah, . (2020) Upaya orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di desa Rejobinangun kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi hanifah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Dalam pembelajaran agama Islam yang menjadi sumber dari pendidikan agama adalah Al-Qur’an, karena berisi kandungan ajaran-ajaran yang lengkap tentang keimanan, ahlak mulia, aturan ibadah, hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia, serta segala yang berhubungan dengan kehidupan manusia, karena itulah yang terpenting dalam pendidikan agama adalah memahami Al-Qur’an.

Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Desa Rejobinagun Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur.Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Dimana wawancara dilakukan terhadap orang tua dan anak yang berada di desa Rejobinangun kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, dalam hal ini orang tua yang memiliki kewajiban memberikan pengajaran kepada anaknya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap orang tua di Desa Rejobinangun Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur memiliki cara masing-masing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di antaranya ada yang menempatkan anaknya di TPA, mendatangkan guru privat dan ada yang memberikan pengajaran sendiri di rumah, sehingga kemampuan anak-anak akan lebih baik dan dapat terpantau langsung oleh orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:25
Last Modified: 01 Feb 2021 07:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item View Item