Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Aspek Kognitif Melalui Implementasi Metode Bermain Puzzle Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur

Hasmi, Fatyhatu Dinda Mutiara (2020) Pengembangan Aspek Kognitif Melalui Implementasi Metode Bermain Puzzle Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (12MB)

Abstract

Anak usia dini merupakan seorang individuyang memiliki karakteristik khas, anak-anak selalu aktif, antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan begitu mereka disebut dengan golden age. Golen age dimana otak anak akan berkembang sangat pesat ketika menerima dan menyerap segala informasi yang dilihat dan didengarpada lingkungan sekitarnya. tahap keemasan ini berada pada rentan usia 0-6. Dengan demikian sebagai pendidik perlu mengembangkan potensi anak. Pada penelitian yang telah dilakukan peneliti meiliki fokus penelitian yaitu pengembangan aspek kognitif melalui implementasi metode bermain puzzle angka di TK Aisyiyah kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aspek kognitif melalui implementasi metode bermain puzzle angka pada kelompok B di TK Aisyiyah kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dkumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dam teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.

Hasil penelitian yang dilakukan mengenai pengembangan aspek kognitif melalui implementasi metode bermain puzzle angka pada kelompok B TK Aisyiyah kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur dapat dikatan sudah berkembang dengan baik. Penerapan metode bermain puzzle angka dalam pengembangan aspek kognitif khususnya dalam pengenalan angka sangat mempermudah bagi peserta didik untuk memahami angka-angka, karena peserta didik sangat senang tidak merasa jenuh dan terpaksa dalam proses pembelajaran. Pendidik pun merasakan perbedaan terhadap respon peserta didik yang sangat antusias. Dengan demikian pengembangan aspek kognitif melalui implementasi metode bermain puzzle angka pada kelompok B TK Aisyiyah kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur dapat dikatakan berhasil. Kesulitan yang dihadapai pada saat penerapan hanya terbatas adanya waktu pembelajaran selama bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:51
Last Modified: 01 Feb 2021 07:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item