Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B2 di TK Dharma Wanita Kibang Kecamatan Metro Kibang

Putri, Davina Kinanti (2020) Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B2 di TK Dharma Wanita Kibang Kecamatan Metro Kibang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI - Davina Kinanti Putri.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan seseorang dalam menghubungkan, menilai dan juga mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Perkembangan kognitif anak pada hakekatnya merupakan hasil proses pembaruan, penyesuaian tingkah laku, dan keseimbangan. Kemudian mind mapping adalah salah satu strategi kognitif yang merupakan metode mengajar yang digunakan serta dapat dimanfaatkan dalam menyampaikan materi pelajaran pada anak tentang berbagai ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan kemampuan berpikirnya.

Pertanyaan penelitian yang terdapat dalam pembahasan tersebut adalah bagaimana peningkatan perkembangan kognitif anak melalui metode mind mapping pada anak kelompok B2 di TK Dharma Wanita Kibang Kecamatan Metro Kibang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan proses peningkatan perkembangan kognitif anak melalui metode mind mapping pada anak kelompok B2 di TK Dharma Wanita Kibang Kecamatan Metro Kibang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang peningkatan perkembangan kognitif melalui metode mind mapping pada anak kelompok B2 Di TK Dharma Wanita Kibang Kecamatan Metro Kibang menunjukkan hasil berkembang sangat baik. Pada indikator mengklasifikasikan benda anak sudah mampu mengklasifikasikan kendaraan sesuai jenisnya (roda 2, roda 3, roda 4). Selanjutnya pada indikator mengenal angka anak mampu menyebutkan angka dengan cara menunjukkan jarinya ketika berhitung. Kemudian pada indikator mengenal huruf vokal anak mampu menyebutkan huruf A sampai Z dan di antaranya mampu mengenal huruf vokal kemudian menyebutkan huruf-huruf vokal tersebut.

Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Metode Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:56
Last Modified: 27 May 2021 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4207

Actions (login required)

View Item View Item