Istanto, Dedi (2020) Upaya peningkatan hasil belajar Qur’an Hadist melalui Metode Quantum Learning pada siswa MI Terpadu Nurul Qodiri 3 Gayau Sakti Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DEDI ISTANTO PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur‟an hadits merupakan sala h satu bagian dari mata pelajaran pendidikan agama Isla m yang digunakan sebagai wahana pemberian pengetahuan, bimbingan dan pengembangan kepada murid aga r dapa t memahami, meyakini dan menghayati kebenaran ajaran Isla m serta diaplikasikan dala m kehidupan sehari-hari. Ole h karena it u, mata pelajaran ini sanga t penting diajarkan kepada murid sebagai bahan pelajaran di sekola h. Suda h menjadi pengetahuan umu m bahwa semua poko k bahasan yang berkaitan dengan pendidikan Isla m di sekola h termasu k sekola h dasa r memua t ayat-aya t Al-Qur‟an. Tetapi, kenyataannya ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dala m membaca Al-Qur‟an dengan bai k dan bena r, kurang bisa menerapkan tajwid dan bacaan dari aya t Al-Qur‟an tersebu t, bahkan ada siswa yang masi h sanga t awa m terhada p ayat-aya t Al-Qur‟an.
Tujuan diadakan penelitian ini adala h untu k mengetahui upaya meningkatkan hasi l belaja r dengan menggunakan metode quantu m learning pada mata pelajaran qur‟an hadis t kelas V MI Terpadu Nuru l Qodiri 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Untu k memperole h data-data yang diperlukan peneliti menggunakan beberapa tekni k diantaranya adala h observasi, wawancara, angke t dan dokumentasi. Dari data yang diperole h, bai k data lapangan maupun data kepustakaan kemudian dikumpulkan dan diola h aga r dapa t ditari k suatu kesimpulan.
Berdasarkan hasi l penelitian yang tela h peneliti lakukan dapa t disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Quantu m Learning dapa t meningkatkan hasi l belaja r siswa pada mata pelajaran Qur‟an Hadis t materi poko k Q.S. al-‟Ala q (96) dan al-Qad r (97) yang dapa t diliha t dari data prasurve y (35%) yang tuntas, dan setela h hasi l tes pada akhi r siklus I terliha t bahwa 11 siswa (55%) tuntas dan 9 siswa (45%) belu m tuntas, dan setela h diadakan siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 siswa (85%) tuntas dan 3 siswa (15%) belu m tuntas dengan diperole h rata-rata hasi l belaja r sebesa r 83,00. Dengan demikian, terdapa t kenaikan hasi l belaja r sebesa r 50% dari prasurve y hingga siklus II.
Kata Kunci: Metode Quantu m Learning, Hasi l Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:59 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4209 |
Actions (login required)
View Item |