Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 2 Purwodadi di Masa Pandemi Covid-19

Khotimah, Khusnul (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 2 Purwodadi di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
KHUSNUL_KHOTIMAH_PGMI_1601050100 - Khusnul Khotimah.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Guru adalah seseorang yang memiliki peran strategis, karena keberadaannya sangat penting dan berkaitan dengan keberhasilan serta kualitas pendidikan. Guru memiliki tugas beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid 19 dan kendala yang dialami oleh guru untuk memainkan perannya dalam meingkatkan motivasi belajar.

Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 2 Purwodadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tringulasi data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi pembelajaran IPA di kelas IV di masa pandemi covid-19 sudah baik. Pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu 1) Guru sebagai fasilitator 2) Guru sebagai pengerah/direktor 3) Guru sebagai transmiter 4) Guru sebagai motivator. Untuk memotivasi peserta didik biasanya guru memberikan pujian kepada peserta didik yang telah mengerjakan tugasnya dengan baik, sebaliknya guru juga bersikap bijak dalam menghadapi peserta didik yang tidak disiplin yaitu dengan memberikan hukuman/berupa teguran supaya peserta didik tidak melalaikan tugas dan kewajibannya.

Untuk kendala, guru mengalami dua kendala yaitu 1) Keterbatasan Interaksi Antara Guru Dengan Peserta didik, dan 2) Lingkungan Yang Kurang Mendukung. Namun dari kedua kendala tersebut guru sudah berupaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:57
Last Modified: 27 May 2021 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item