Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan antara Metode Penugasan pada Masa Pandemi dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Dwianggraini, Septi (2021) Hubungan antara Metode Penugasan pada Masa Pandemi dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SEPTIA DWI ANGGRAINI 1601050084 ( PGMI ).pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia memaksa orang untuk berdiam di rumah sehingga tidak dapat lagi melakukan aktivitas seperti biasanya, termasuk menuntut ilmu ke sekolah bagi para murid. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa harus dilakukan dengan cara inovatif, salah satunya dengan melakukan proses belajar mengajar secara online.Belajar daring tidak hanya dengan cara on line saja tetapi ada yang melakukannya dengan penugasan maka ada yang mengirim, dikirim, diantar, mengantar, ada email atau melalui internet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode penugasan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021.Untuk mengetahui besar pengaruh metode penugasan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif expost facto.Dalam penelitian ini yang menjadi populasiadalah semuasiswadi MI Muhammadiyah Batanghari Lampung Timur. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode penugasan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021 nilai fhitung sebesar 13,517 nilai Fhitung = 13,517 > Ftabel = 42,3 dan besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,626. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,626 atau sama dengan 62,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel penggunaan metode penugasan (X) berhubungan terhadap variabel hasil belajar (Y) sebesar 62,6%. Sedangkan sisanya (100% - 62,6% = 37,4%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode penugasan mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Metode Penugasan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:57
Last Modified: 27 May 2021 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item View Item