Septianingrum, Ratih (2021) Analisis Kendala-Kendala Dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI Ma’arif 18 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RATIH fix - Ratih Septianingrum.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses atau jenjang dalam perubahan sikap atau proses pendewasaan dalam diri sesseorang. Dalam kegiatan proses belajar disekolah untuk menyampaikan materi kepada siswa guru berperan penting untuk membimbing dan mengajarkan siswa. Pembelajaran matematika saat ini karena adanya covid 19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran sangat tidak efisien dan dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, siswa dan teman temannya. Oleh karna itu karena pandemi covid 19 ini siswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pembelajaran online mata pelajaran matematika siswa kelas IV MI Ma’arif 18 Trimurjo Lampung Tengah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi MI Ma’arif 18 Trimurjo Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, d display, dan conclusion.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara observasi bahwa pembelajaran online merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa dengan mengakses jaringan internet dan menggunakan media sosial untuk saling bertukar informasi dan interaksi dengan menggunakan aplikasi whatsApps. Kemudahan pembelajaran online antara lain bagi guru hasil belajar siswa dapat diketahui secara langsung, kegiatan belajar tidak terbatas jarak, waktu dan tempat, dalam proses belajar dapat didampingi oleh orang tua, siswa dapat mengakses jaringan internet, siswa dapat memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitanya, memiliki banyak waktu dengan keluarga. Sedangkan kendala yang dialami guru dan siswa antara lain guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar guru harus lebih fokus dan teliti, siswa atau orang tuanya tidak memiliki telepon genggam berbasis android, siswa atau orang tua tidak memiliki paket data internet, sulit memahami materi yang disampaikan guru lewat media online, kurangnya pemahaman orang tua sehingga mereka tidak dapat mengajarkan kepada anaknya, jaringan internetnya yang tidak stabil.
Kata kunci: Pembelajaran, Online,Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:57 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4233 |
Actions (login required)
View Item |