Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Roti Al Mustafa (Study Home Industry Roti Al Mustafa Ganjar Asri Metro Barat)

Wariyanti, Susi (2021) Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Roti Al Mustafa (Study Home Industry Roti Al Mustafa Ganjar Asri Metro Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Susi Wariyanti 1602040158 - Susi wariyanti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin meningkat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat pula. Sehingga, sebagai pelaku usaha dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dimana pengetahuan akan bauran pemasaran sangatlah diperlukan dalam upaya peningkatan penjualan produk yang dihasilkan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penjualan pada home industry roti Al Mustafa belum mampu mencapai target yang ditetapkan bahkan cenderung menurun. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana bauran pemasaran dalam meningkatan penjualan.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan data data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat desktiptif-kualitatif melalui metode berfikir induktif, yaitu berpikir dari khusus ke umum yang berangkat dari informasi tentang bauran pemasaran pada home industry roti Al Mustafa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industry roti Al Mustafa telah menerapkan strategi bauran pemasaran melalui 4P yaitu dari segi produk dan harga roti Al Mustafa menciptakan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau sehingga mampu menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian ulang yang berimbaas pada peningkatan penjualan pada setiap varian roti. Dari segi tempat/saluran distribusi, dengan cakupan wilayah distribusi seperti Metro, Trimurjo, Punggur, Pekalongan dan Bandar Jaya sehingga belum mampu meningkatkan penjualan secara maksimal dikarenakan kurangnya perluasan wilayah pemasaran yang masih terfokus pada sekolah dan warung-warung. Dan dari segi promosi, roti Al Mustafa masih menggunaka sistem promosi yang sederhana yaitu melalui metode mulut ke mulut.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Penjualan, Home Industry

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:57
Last Modified: 27 May 2021 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item