Nafi’ah, Umi (2019) Peran Pemberian Motivasi Ustadz Terhadap Santri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Tpa Masjid Al-Hikmah Desa Sritejokencono Kecamatan Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI UMI NAFI'AH NPM, 1501010226 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ustadz merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan terutama di TPA, ustadz memegang peranan yang sangat strategis dan penting dalam mengajarkan ayat-ayat Al-Qur‟an pada Santri. Ustadz harus memperhatikan dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada Santri yang mengalami kesulitan dan penurunan minat membaca Al-Qur‟an maupun yang telah lancar dalam membaca Al-Qur‟an agar dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, diperlukannya motivasi dan pengetahuan bagi Santri agar memiliki kemampuan membaca Al-Qur‟an yang sesuai dengan hukum tajwid dan makhorijul huruf.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemberian motivasi ustadz terhadap santri dalam membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Ustadz, dan Santri terkait peran pemberian motivasi ustadz terhadap santri dalam membaca Al-Qur‟an. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan peran pemberian motivasi terhadap santri dalam membaca Al-Qur‟an.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran pemberian motivasi ustadz terhadap santri dalam membaca Al-Hikmah Santri kelas ulya di TPA Al-Hikmah Sritejo Kencono, yaitu: santri sudah banyak yang dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar, seperti: dapat mengenal huruf hijaiyah, mengetahui hukum bacaan tajwid dan dapat mengamalkanya, serta tidak bermalas-malasan untuk mengaji di TPA. Motivasi ustadz dapat diterima dengan baik oleh banyak santri. Faktor pendukung peran pemberian motivasi ustadz terhadap santri dalam membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hikmah Sritejo Kencono terdiri dari: dukungan orangtua dan sarana prasarana yang lengkap serta memadahi. Sedangkan faktor penghambat peran pemberian motivasi ustadz terhadap santri dalam mebaca Al-Qur‟an terdiri dari: media massa khususnya media elektronik serta lingkungan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:19 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/424 |
Actions (login required)
View Item |