Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Etika Peserta Didik Terhadap Pendidik Perspektif Kitab Bidayatul Hidayah Karya Al-Ghazali

Nurhayati, Siti (2020) Etika Peserta Didik Terhadap Pendidik Perspektif Kitab Bidayatul Hidayah Karya Al-Ghazali. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
barning SITI hayati - Siti Nurhayati.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan terhadap penanaman etika dalam dunia pendidikan merupakan respon terhadap praktik etika di masyarakat. Penguatan nilai-nilai etika dalam proses pendidikan relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di masyarakat. Salah satu tokoh pendidikan Islam yang memberikan kontribusi besar terhadap G-dunia pendidikan Islam adalah‎ Alhazali. Pemikiran pendidikan yang corak etik-Ghazali bercorak religius-dikemukakan oleh Al tersebut dipengaruhi oleh penguasaannya di bidang tasawuf dan pemikirannya yang iritual lebih menekankan pada aspek budi pekerti dan sp.

Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana etika peserta didik terhadap penddik menurut Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ‎ etika peserta didik terhadap penddik menurut Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Penelitian ini ) merupakan penelitian kualitatif pustaka library research). Dikarenakan data yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data kualitatif, berupa literatur yang berkaitan dengan etika peserta didik terhadap pendidik menurut Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu kitab karya Al-Ghazali Bidayatul Hidayah. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi terhadap sumber primer. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis hermeneotik, yaitu sebuah analisis yang berkaitan dengan data tekstual, terutama berkaitan dengan analisis pemaknaan pada suatu analog sebuah teks yang bertujuan untuk membuat adanya rasa pemahaman secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan etika peserta didik terhadap pendidik menurut Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah mencakup 13 macam etika, yaitu memberi salam kepada guru terlebih dahulu, tidak banyak berbicara di hadapan gurunya, tidak berbicara di hadapan guru sebelum ditanya, tidak bertanya sebelum meminta izin, tidak berdebat dengan guru, tidak menyalahkan pendapat guru, tidak berbisik-bisik ketika guru menyampaikan pelajaran, tidak berpaling ke kanan dan ke kiri di hadapan guru, tidak bertanya kepada guru ketika gurunya yang letih, memberi hormat ketika guru berdiri, tidak bertanya kepada guru ketika guru sudah beranjak dari majlis, tidak bertanya kepada guru di tengah jalan, tidak berburuk sangka kepada guru ketika melihat perbuatan lahiriyahnya kurang sesuai dengan ilmu yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item View Item