Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Metro Utara Tahun Pelajaran 2020/2021

Santoso, Rio (2020) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Metro Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Rio Santoso - Rio Santoso.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran belum tentu akan mencapai keberhasilan jika dilakukan sembarangan, sehingga proses pembelajaran kurang menarik, membosankan, tidak merangsang siswa untuk aktif dan kreatif, sehingga tujuan pun tidak tercapai. Berdasarkan data di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Metro Utara kelas III diperoleh gejala-gejala bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih belum dapat dikatakan baik, ataupun memuaskan. Hal ini karena banyaknya siswa yang belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal untuk pembelajaran fiqih.

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar fiqih kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Metro Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, baik data lapangan maupun data kepustakaan kemudian dikumpulkan dan diolah agar dapat ditarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa sebelum diterapkannya metode demonstrasi, hasil belajar siswa kurang begitu memuaskan dengan tidak tercapainya ketuntasan yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil data prasurvey yang mana rata-rata hasil belajar siswa hanya sebesar 57,4%. Selanjutnya, pada siklus I peneliti menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih di kelas. Pada siklus I ini terjadi peningkatan ketuntasan belajar sejumlah 14 siswa dari 25 siswa, dengan prosentase peningkatan sebesar 65,6%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar, hal ini terlihat dengan tuntasnya 21 siswa atau 80,8% dari jumlah seluruh siswa. Sehingga pembelajaran dianggap tuntas jika yang mendapatkan nilai di atas KKM lebih dari 80 % dari jumlah siswa sebanyak 25 siswa.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item