Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Pada Air Terjun Ciupang Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran)

Setiawan, Budi (2021) Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Pada Air Terjun Ciupang Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
BUDI SETIAWAN_1602040011-1 - Bdstwnnn.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Potensi objek wisata merupakan suatu kemampuan dan daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata yang menjadi pendorong kehadiran wisatawan. Umumnya daya tarik objek wisata berdasarkan pada adanya sumber daya manusia, keindahan alam, kebersihan tempat wisata, aksesibilitas yang tinggi untuk dapat dikunjungi, sarana prasarana penunjang untuk melayani para wisatawan yang hadir, dan pelayanan yang baik kepada wisatawan. Khusus bagi pelanggan bagi objek wisata di Kabupaten Pesawaran, daerah ini kaya akan sumber daya alam yang salah satunya ialah objek wisata Air Terjun. Dari sekian banyak air terjun di Kabupaten Pesawaran, Air Terjun Ciupang merupakan salah satunya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan yang diterapkan di Air Terjun Ciupang Pesawaran guna meningkatkan jumlah pengunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan dalam peningkatan jumlah pengunjung di Air Terjun Ciupang Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran sudah baik. Hal ini dikarenakan telah memenuhi hal yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan, yakni responsiveness (daya tanggap), reliability (keandalan), empati (perhatian), assurance (jaminan), dan tangibles (bukti fisik). Pengunjung juga merasa puas dengan yang ditandai dengan menjadi pengunjung yang loyal, memberi komentar yang baik, kurang sensitif pada harga, dan memberikan gagasan-gagasan atau ide kepada Air Terjun Ciupang Pesawaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item