Imelda, Tri (2021) Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Berbasis Digital Fintech terhadap Pelayanan Nasabah (Studi Kasus: Bank Muamalat KCP Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI-TRI IMELDA-S1 PBS-dikonversi - Tri Imelda.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Layanan digital fintech merupakan inovasi layanan keuangan yang pengoprasiannya menggunakan atau memanfaatkan teknologi digital. Bank Muamalat KCP Metro sebagai salah satu bank yang sudah menyediakan layanan layanan berbasis digital fintech dengan berbagai kemudahan terhadap nasabah yaitu layanan virtual account, cash management system, internet banking, m-banking (M DIN), dan ATM. Perlunya penerapan strategi pemasaran yang membangun kepuasan dan kepercayaan nasabah akan pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Bank Muamalat KCP Metro Berbasis Digital Fintech Terhadap Pelayanan Nasabah.
Jenis penelitian ini adalah field research di Bank Muamalat KCP Metro. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer melalui wawancara kepada sub branch manager, customer service, dan nasabah Bank Muamalat KCP Metro, sedangkan sumber sekunder diperoleh dari dokumentasi atau studi pustaka untuk melengkapi data-data primer.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Bank Muamalat KCP Metro telah menggunakan beberapa indikator pemasaran syari’ah, dimana pihak bank menerapkan beberapa komponen dan 7P marketing mix. Strategi pemasaran yang paling dominan sebagai eksistensi Bank yaitu Promotion. Value pemasaran diciptakan karena adanya brand, service, dan procces. Bank Muamalat KCP Metro juga tidak terlepas dari tiga prinsip utama pemasaran syari’ah yakni ketaqwaan, kesederhanaan dan kebajikan. Prinsip tersebut paling dominan diterapkan oleh pemasaran Bank Muamalat KCP Metro adalah Prinsip Ketaqwaan. Bank Muamalat KCP Metro juga perlu mengevaluasi atau meningkatkan strategi pemasaran terkait pelayanan digital fintech, perlu upaya pengenalan berkelanjutan untuk penggunaan sistemnya yang efektif dan efisien karena masih terdapat nasabah yang tidak mengenali layanan digital fintech Muamalat terutama virtual account, cash management system, internet banking.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Digital Fintech, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 05:01 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 05:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4257 |
Actions (login required)
View Item |