Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Objek Wisata Kawah Nirwana dalam Manajemen Bisnis Islam (Studi di Desa Gunung Ratu Kec. Suoh Kab. Lampung Barat)

Mustaghfiroh, Hani Atul (2021) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Objek Wisata Kawah Nirwana dalam Manajemen Bisnis Islam (Studi di Desa Gunung Ratu Kec. Suoh Kab. Lampung Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Hani Atul Mustaghfiroh, 1602040194, Esy - Koleng 01.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kecamatan Suoh merupakan salah satu daerah di Kabupaten Lampung Barat yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan destinasi wisa. Di kecamatan Suoh memiliki kekayaan pemandangan yang masih sangat alami seperti air terjun, danau asam, danau belibis, danau minyak, danau lebar, kramikan, pasir kuning serta fenome alam kawah Nirwana. Namun, masih kurangnya peran Dinas Pariwisata dalam memanfaatkan keindahan alam tersebut, sehingga masyarakat sekitar membentuk organisasi Pokdarwis Jagat Endah Lestari. Yang memanfaatkan potensi alam tersebut dijadikan sebuah pariwisata memerlukan suatu manajemen dan strategi pemberdayaan masyarakat dengan pola pengembangan yang terencana dan tersusun agar potensi yang dimanfaatkan dapat berkembang secara optimal. Tipe penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan penjabaran deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan potensi lokal untuk dijadikan tempat wisata dilihat dari manajemen bisnis Islam.

Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemanfaatan Objek wisata Kawah Nirwana sudah berjalan dengan baik dan tertata, alam yang dahulunya tidak dimanfaatkan kini telah menjadi tempat wisata Alam Kawah Nirwana yang telah disahkan Oleh dinas Pariwisata, selain itu juga ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi wista tersebut dapat berkembang pesat. Namun akses masuk ke lokasi wisata masih susah dan membahayakan keselamatan pengunjung. Dari segi Manajemen bisnis Islam yang diterapkan sudah ada yang dipraktikkan seperti bersikap jujur, tidak melipat gandakan uang, namun prinsip ketuhanan masih ada yang salah persepsi bagi masyarakat, seperti mempercayai bantuan makhluk halus yang berada di Gunung Ratu untuk memperlancar usaha warga.

Kata kunci : pariwisata, pemberdayaan Masyarakat, Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:04
Last Modified: 23 Aug 2021 05:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item