Hasanah, Lutfiah (2021) Radio Shawtuna 90,5 FM sebagai Media Dakwah di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
lutfiah hasanah 1-5 - Lutpi 04.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media Dakwah, yaitu media Radio sebagai penyampai pesan Dakwah. Di era yang semakin canggih ini Dakwah dapat disampaikan dengan berbagai cara dan dengan berbagai media. Dalam hal ini Radio menjadi salah satu media dakwah yang dapat mempermudah Da’i dalam menyampaikan pesan Dakwah. Penyampaian pesan Dakwah melalui Radio juga memudahkan Mad’u dalam menerima dan menyimak pesan Dakwah yang disampaikan. Karena Radio yang bersifat auditif sehingga tetap bisa didengarkan oleh mad’u di tengah kesibukan mad’u sehingga mad’u tetap bisa menerima pesan Dakwah dari da’i tanpa harus bertatap muka. Ternyata sampai saat ini belum semua penyampaian pesan Dakwah melalui Radio tersampaikan dengan Efektif. Setiap Radio juga memiliki strateginya masing-masing dalam penyampaian pesan Dakwah agar pesan Dakwah tersampaikan dengan baik ke pendengar.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh management Radio Shawtuna 90,5 FM dalam menyampaikan pesan Dakwah dan untuk mengetahui Efektivitas Radio Shawtuna dalam menyampaikan pesan Dakwah. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan sumberdata primer dari respondeng yang meliputi Direktur Radio Shawtuna Bapak A, penyiar Radio Shawtuna H, I, D, I dan pendengar Radio Shawtuna, ibu R, Bapak M, D, dan A dan sumber data skunder yang di dapatkan dari buku-buku tentang dakwah dan jurnal-jurnal tentang Radio. Dengan subjek penelitian adalah pendengar Radio Shawtuna 90,5 FM dan penyiar di Radio Shawtuna 90,5 FM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini, bahwasanya management Radio Shawtuna memiliki strategi dalam menyampaikan pesan dakwah penyampaian pesan dakwah dengan memiliki 2 program dakwah, yaitu Islam Knowled dan Bincang Ramadhan. Setiap program memilki strategi nya masing-masing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Radio Shawtuna memiliki 2 program Dakwah yang disiarkan dan Radio Shawtuna sudah Efektif dalam menyampaikan Dakwah sebagai media Dakwah di Kota Metro. Saran peneliti adalah sebagai media Dakwah Radio Shawtuna lebih mengoptimalkan lagi siara Program dakwah yang di miliki agar penyampaian dakwah lebih efektif sampai kependengar dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 05:28 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 05:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4266 |
Actions (login required)
View Item |