Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Sekolah Berbasis Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SD IT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah

Novitasari, Devi (2020) Peran Sekolah Berbasis Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SD IT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEVI NOVITASARI - Devi Novitasari.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Sekolah berbasis Islam mempunyai peranan penting dalam upaya menanamkan nilai-nilai keagamaan serta membentuk karakter siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tujuan berdirinya sekolah berbasis Islam tentunya untuk mencetak siswa yang religius, disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, jujur, mandiri, serta peduli terhadap sesama. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di SDIT Nurul Islam Paramarta dapat diketahui bahwa karakter siswa belum bisa dikatakan baik karena masih banyak siswa yang melanggar tata tertib di sekolah. Maka dengan demikian SDIT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah selain mengajarkan agama di dalam kelas secara formal, sekolah juga mengadakan kegiatan yang menunjang pembentukan karakter seperti membaca Al-qur’an sebelum belajar, sholat dhuha, mengadakan sholat berjamaah zuhur, memberikan hafalan surat pendek dan peduli dengan lingkungan. Yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran sekolah berbasis Islam dalam pembentukan karakter siswa SDIT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah?, serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa SDIT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi tentang peran sekolah berbasis Islam dalam pembentukan karakter siswa SDIT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah, serta untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pembentukan karakter di SDIT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan objek yaitu guru Bina Pribadi Islam dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi, penjamin keabsahan data dilakukan teknik triangulasi data. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwasanya cara tersebu efektif dan mudah dilaksanakan.

Hasil penelitian menunjukan peran sekolah dalam pembentukan karakter siswa siswa yaitu melalui kegiatan belajar mengajar yang disertai dengan keteladanan, pembiasaan, pembinaan dan pendampingan serta kegiatan lainnya. Namun dalam kegiatan tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung seperti terdapat sarana dan prasarana yang mendukung yang mudah untuk dijangkau guru dalam membentuk karakter siswa, adanya kerjasama antara siswa dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya sebagian orang tua siswa yang kurang peduli akan perkembangan anaknya, kurangnya kesadaran siswa dan kesulitan guru dalam menasihati siswa diluar jam pelajaran.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwasannya peran sekolah berbasis Islam dalam pembentukan karakter siswa SDIT Nurul Islam Paramarta Lampung Tengah sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:39
Last Modified: 23 Aug 2021 06:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item