Sari, Trimala (2021) Pengaruh Bimbingan dan Konseling terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TRIMALA SARI (NPM. 160101208) - Trimala Sari1997.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan bisa berkembang secara optimal, melalui bidang bimbingan belajar, bimbingan pribadi dan sosial, maupun karir dengan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung.
Proses pembelajaran di sekolah tidak selalu berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan dan yang paling sering muncul adalah masalah motivasi belajar seperti tidak masuk sekolah tanpa keterangan, tidak mengikuti jam pembelajaran, tidak mengerjakan tugas, aktivitas tertidur di dalam kelas, dan enggan membuka buku pelajaran serta tidak tanggap terhadap penjelasan dan pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dengan adanya program nimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling akan membantu siswa agar dapat keluar dari permasalahan yang dihadapinya sehingga motivasi belajar siswa akan tumbuh kembali dan bahkan mengalami peningkatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakann rumus spss korelasi pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa, kemudian teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel dari penelitian ini 46 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket sebagai instrumen penelitian yang utama dan dokumentasi sebagai penelitian pendukung.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi antara bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,630 serta nilai signifikan 0,002 < 0,05 artinya yaitu nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa.
Berdasarkan uji sebesar 2,209 > 2,01537. Artinya nilai signifikan 0,002 < 0,05 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 Maka dalam penelitian ini hipotesis alternative (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 06:42 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 06:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4279 |
Actions (login required)
View Item |